Blog Rujak : Kumpulan Makalah Online Lengkap

Kumpulan Makalah, Artikel dan Tips Lengkap

METODE, TEKNIK, DAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR

ADSENSE HERE!
METODE, TEKNIK, DAN INSTRUMEN

PENILAIAN HASIL BELAJAR
A.    Pendahuluan
Perlu diketahui bahwa dalam proses penilaian hasil belajar peserta didik diperlukan metode atau teknik serta instrumen yang perlu diperhatikan dan disiapkan, agar nantinya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Teknik dan instrumen yang digunakan ini yang akan memberikan informasi kepada guru terhadap keadaan dan prestasi yang dicapai oleh peserta didik.
Teknik dan instrumen penilaian hasil belajar yang dapat dikembangkan oleh guru dapat berupa penilaian jenis tes, non-tes, penilaian berbasis kelas, penilaian kinerja, dan juga penilaian portofolio. Berikut ini akan kami paparkan sedikit gambaran teknik, metode, dan instrumen penilaian yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengevaluasi peserta didiknya. Sebagai seorang guru nantinya dituntut tidak hanya mampu untuk membuat instrumen penilaian hasil belajar peserta didik, tetapi mampu mengaplikasikan dan menggunakan instrumen penilaian tersebut.

B.     Metode, Teknik, dan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik
Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan guru sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar siswa. Penggunaan berbagai teknik dan alat itu harus disesuaikan dengan tujuan penilaian, waktu yang tersedia, sifat tugas yang dilakukan siswa dan banyaknya/jumlah materi pelajaran yang sudah disampaikan.[1]
Teknik penilaian adalah metode atau cara penilaian yang dapat digunakan guru untuk mendapatkan informasi mengenai keadaan belajar dan prestasi peserta didik. Teknik penilaian yang memungkinkan dan dapat dengan mudah digunakan oleh guru antara lain:
1.      Teknik Tes
Istilah “tes” berasal dari bahasa Perancis, yaitu “testum”, berarti piring yang digunakan untuk memilih logam mulia dari benda-benda lain, seperti pasir, batu, tanah, dan sebagainya. Tes merupakan suatu teknik atau cara yang digunakan dalam rangka melaksanakan kegiatan pengukuran, yang di dalamnya terdapat serangkaian pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, kecerdasan, kemampuan, atau bakat yang dimiliki oleh sesesorang atau kelompok.
Dilihat dari bentuknya, maka penilaian jenis tes ini dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian, yaitu:
a.      Tes Tertulis
Tes tertulis adalah tes yang soal-soalnya harus dijawab peserta didik dengan memberikan jawaban tertulis. Jenis tes tertulis secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu:
1.)    Tes Bentuk Uraian
Bentuk uraian dapat digunakan untuk mengatur kegiatan-kegiatan belajar yang sulit diukur oleh bentuk objektif. Disebut bentuk uraian, karena menuntut peserta didik untuk menguraikan, mengorganisasikan dan menyatakan jawaban dengan kata-katanya sendiri dalam bentuk, teknik, dan gaya yang berbeda satu dengan yang lainnya.
Dilihat dari luas-sempitnya materi yang ditanyakan, maka tes bentuk uraian ini dapat dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu:
a.)    Uraian Terbatas (Restricted Respons Items)
Dalam menjawab soal bentuk uraian ini, peserta didik harus mengemukakan hal-hal tertentu sebagai batas-batasnya. Walaupun kalimat jawaban peserta didik itu beraneka ragam, tetap harus ada pokok-pokok penting yang terdapat dalam sistematika jawabannya sesuai dengan batas-batas yang telah ditentukan dan dikendaki dalam soalnya. Contoh:
§  Jelaskan bagaimana prosedur operasional sebuah pesawat komputer!
§  Sebutkan lima komponen dalam sistem komputer!

b.)    Uraian Bebas (Extended Respons Items)
Dalam bentuk ini peserta didik bebas untuk menjawab soal dengan cara dan sistematika sendiri. Peserta didik bebas mengemukakan pendapat sesuai dengan kemampuannya. Oleh karena itu, setiap peserta didik mempunyai cara dan sistematika yang berbeda-beda. Namun, guru tetap mempunyai acuan atau patokan dalam mengoreksi jawaban peserta didik nanti. Contoh:
§  Bagaimana perkembangan komputer di Indonesia, jelaskan secara singkat!
§  Bagaimana peranan komputer dalam pendidikan!
Dalam menyusun soal bentuk uraian, ada baiknya guru mengikuti petunjuk praktis berikut ini.
(1)   Setiap pertanyaan hendaknya menggunakan petunjuk dan rumusan yang jelas dan mudah dipahami.
(2)   Jangan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih beberapa soal dari sejumlah soal yang diberikan, sebab cara demikian tidak memungkinkan untuk memperoleh skor yang dapat dibandingkan.
(3)   Instrumen soalnya dapat berupa: menjelaskan, menelaah, mendeskripsikan, membandingkan, mengemukakan kritik, memecahkan masalah, dan lain sebagainya.
Terdapat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pada soal bentuk uraian,. Adapun kelebihan bentuk soal uraian antara lain:
Ø  Proses penyusunan soal relatif mudah.
Ø  Memberikan kebebasan luas kepada peserta didik untuk menyatakan tanggapannya.
Ø  Dapat mengukur kemampuan mengorganisasikan pikiran.
Ø  Mengurangi faktor menebak dalam menjawab.
Sedangkan kelemahan bentuk soal uraian antara lain:
v  Proses pengoreksian membutuhkan waktu yang relatif lama.
v  Ada kecenderungan dari guru bersikap subjektif.
v  Guru sering terkecoh dalam memberikan nilai, karena keindahan kalimat dan tulisannya.

2.)    Tes Bentuk Objektif
Tes objektif sering juga disebut tes dikotomi (dichotomously scored item) karena jawabannya antara benar atau salah dan skornya antara 1 atau 0. Tes objektif terdiri dari beberapa bentuk, antara lain:
a.)    Benar-Salah (True-False, or Yes-No)
Bentuk tes benar-salah (B-S) adalah pernyataan yang mengandung dua kemungkinan jawaban, yaitu benar atau salah. Salah satu fungsi bentuk soal benar-salah adalah untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam membedakan antara fakta dengan pendapat. Bentuk soal seperti ini lebih banyak digunakan unyuk mengukur kemampuan mengidentifikasi informasi berdasarkan hubungan yang sederhana.
Ada beberapa teknik/petunjuk praktis dalam penyusunan soal bentuk B-S, yaitu:
(1)   Jumlah item yang benar dan salah hendaknya sama.
(2)   Berilah petunjuk cara mengerjakan soal yang jelas dan memakai kalimat sederhana.
(3)   Hendaknya jumlah item cukup banyak, sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

b.)    Pilihan Ganda (Multiple Choice)
Soal tes bentuk pilihan ganda dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar yang lebih kompleks dan berkenaan dengan aspek ingatan, pengertian, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Pilihan jawaban (option)  terdiri atas jawaban yang benar atau paling benar, selanjutnya disebut kunci jawaban dan kemungkinan jawaban salah yang dinamakan pengecoh (distractor/decoy/fails).[2]
Beberapa petunjuk praktis dalam menyusun soal bentuk pilihan ganda, yaitu:
ü  Harus mengacu pada kompetensi dasar dan indikator soal.
ü  Jangan memasukkan materi soal yang tidak relevan dengan apa yang sudah dipelajari peserta didik.
ü  Pernyataan dan pilihan hendaknya merupakan kesatuan kalimat yang tidak terputus.
ü  Harus diyakini bahwa hanya ada satu jawaban yang benar.
ü  Bila perlu beri jawaban pengecohnya.

Kebaikan soal bentuk pilihan-ganda, antara lain: (1) cara penilaian dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan objektif, (2) dapat mencakup ruang lingkup bahan/materi yang luas, (3) mampu mengungkap tingkat kognitif rendah sampai tinggi, dan (4) dapat digunakan berulang kali. Sedangkan kelemahannya antara lain: (1) proses penyusunan soal benar-benar membutuhkan waktu yang lama, (2) memberi peluang siswa untuk menebak jawaban, dan (3) kurang mampu meningkatkan daya nalar siswa.
c.)    Menjodohkan (Matching)
Soal tes bntuk menjodohkan terdiri atas kumpulan soal dan kumpulan jawaban yang keduanya dikumpulkan pada dua kolom berbeda, yaitu kolom sebelah kiri menunjukkan kumpulan persoalan, dan kolom sebelah kanan menunjukkan kumpulan jawaban. Bentuk soal seperti ini sangat baik untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi hubungan antara dua hal.
Untuk penyusunan soal bentuk ini perlu memperhatikan teknik berikut:
(1)   Sesuaiakan dengan kompetensi dasar dan indikator.
(2)   Kumpulan soal diletakkan di sebelah kiri, dan jawaban di sebelah kanan.
(3)   Gunakan kalimat singkat dan terarah pada pokok persoalan.

d.)    Melengkapi (Completion)
Soal bentuk melengkapi (completion) dikemukakan dalam kalimat yang tidak lengkap. Contoh:
·  Tempat sampah daur ulang dalam komputer disebut . . .
·  Program dan data dapat disimpan dalam . . . atau . . .
Beberapa petunjuk teknis dalam penyusunan soal bentuk melengkapi (completion), antara lain:
(1)   Hendaknya tidak mengambil pernyataan langsung dari buku (textbook).
(2)   Titik-titik kosong sebagai tempat jawaban hendaknya diletakkan di akhir kalimat.
(3)   Jangan menyediakan titik-titik kosong terlalu banyak.
(4)   Jika perlu, dapat diberi gambar-gambar sehingga dapat dipersingkat dan jelas.[3]
b.      Tes Lisan
Tes lisan yakni tes yang pelaksanaannya dilakukan dengan mengadakan tanya jawab secara langsung antara pendidik dan peserta didik. Tes ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya antara sebagai berikut.
1.)    Dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapan langsung.
2.)    Bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sehingga sering mengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal, tes bentuk ini dapat menolong sebab peserta didik dapat menanyakan langsung kejelasan pertanyaan yang dimaksud.
3.)    Hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik.
Sedangkan kelemahan dari tes lisan adalah sebagai berikut.
1.) Subjektivitas guru sering mencemari hasil tes
2.) Waktu pelaksanaan yang diperlukan relatif cukup lama.

c.       Tes Perbuatan
Tes perbuatan yakni tes yang penugasannya disampaikan dalam bentuk lisan atau tertulis dan pelaksanaan tugasnya dinyatakan dengan perbuatan atau unjuk kerja. Penilaian tes perbuatan dilakukan sejak peserta didik melakukan persiapan, melaksanakan tugas, sampai dengan hasil yang dicapainya.
Untuk menilai tes perbuatan pada umumnya diperlukan sebuah format pengamatan, yang bentuknya dibuat sedemikian rupa agar pendidik dapat menuliskan angka-angka yang diperolehnya pada tempat yang sudah disediakan. Bentuk formatnya dapat disesuaikan menurut keperluan. Untuk tes perbuatan yang sifatnya individual, sebaiknya menggunakan format pengamatan individual. Untuk tes perbuatan yang dilaksanakan secara kelompok digunakan format tertentu yang sudah disesuaikan untuk keperluan pengamatan kelompok.[4]
2.      Teknik Non-Tes
Teknik non-tes sangat penting dalam mengevaluasi siswa pada ranah afektif dan psikomotor, berbeda dengan teknik tes yang lebih menekankan asfek kognitif. Ada beberapa macam teknik non-tes, yakni: pengamatan (observation), wawancara (interview), kuesioner/angket (quetionaire).
a.      Observasi
Observasi adalah suatu proses pengamatan dan pencatatan secara sistematis, logis, objektif, dan rasional mengenai berbagai fenomena untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam evaluasi pembelajaran, observasi dapat digunakan untuk menilai proses dan hasil belajar peserta didik, seperti tingkah laku peserta didik pada waktu belajar, berdiskusi, mengerjakan tugas, dan lain-lain. Alat yang digunakan untuk melakukan observasi disebut pedoman observasi.[5]

Contoh Pedoman Observasi:
Mata Pelajaran     : Biologi
Konsep/Subkonsep: 1.1 Vegetatif Buatan
                                  1.1.1. Mencangkok
Kelas                    : VII
Hari/tanggal         : Minggu, 15 Juli 2013
Jam pelajaran       : 1-2
Nama Siswa         : Ardi Anggoro Saputra
NO
KEGIATAN/ASPEK YANG DINILAI
NILAI
KET
1
Langkah persiapan (penyiapan alat dan bahan)
….
2
Cara mengelupas kulit bagian luar
….
3
Cara mengelupas kulit bagian dalam
….
4
Cara membersihkan getah/lendir
….
5
Cara menaburkan tanah
….
6
Cara membungkus dan mengikat
….
Jumlah
….
Rata-rata
….

Catatan:
Pemberian nilai dapat menggunakan angka 1 – 10 atau A, B, C, D

b.      Wawancara
Wawancara merupakan salah satu bentuk alat evaluasi jenis non-tes yang dilakukan melalui percakapan dan tanya jawab, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Ada beberapa teknik atau cara yang harus diperhatikan dalam melaksanakan wawancara, yaitu:
1.)    Pewawancara harus mempunyai background tentang apa yang akan ditanyakan.
2.)    Dalam mewawancarai jangan terlalu kaku, tunjukkan sikap yang bersahabat, bebas, ramah, terbuka, dan dapat menyesuaikan diri.
3.)    Hilangkan prasangka-prasangka yang tidak baik.
4.)    Pertanyaan hendaknya jelas, tepat, dan denan bahasa yang sederhana.
5.)    Hindari kevakuman pembicaraan yang terlalu lama.
6.)    Batasi waktu wawancara.

c.       Angket (Quetioner)
Angket adalah sebuah daftar pertanyaan yang harus diisi oleh orang yang akan diukur (responden). Angket adalah alat penilaian hasil belajar yang berupa daftar pertanyaan tertulis untuk menjaring informasi tentang sesuatu, misalnya tentang latar belakang keluarga siswa, kesehatan siswa, tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran, media, dan lain- lain. Angket umumnya dipergunakan pada ranah afektif.
Contoh kuisioner
v  Pada waktu melihat sampah bertebaran di jalan, saya berusaha untuk membuang ke tempat sampah:
a.       sangat sering                           
b.      sering                                      
c.       kadang-kadang
d.      jarang
e.       tidak pernah


d.      Daftar Cek (Check List)
Daftar cek adalah deretan pertanyaan singkat dimana responden yang dievaluasi tinggal membubukan tanda centang (√) pada aspek yang diamati sesuai dengan hasil penilaiannya.[6]
Contoh:
Daftar cek tentang keaktifan peserta didik dalam diskusi kelompok pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
No.
Nama Siswa
SB
B
C
K
SK
1
Ardi Maulana




2.
Erlin Roslina




3.
Arie Apriadi N.




4.
Angga Zalindra




5.
Diandra Rasya




Keterangan:
SB: Sangat Baik                      C: Cukup                     SK: Sangat Kurang
B:Baik                                     K: Kurang

3.      Asesmen Berbasis Kelas
Asesmen atau penilaian berbasis kelas merupakan salah satu pilar dalam kurikulum berbasis kompetensi. Asesmen berbasis kelas ini bisa dipandang sebagai proses pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang hasil-hasil belajar siswa dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian, pelaksanaan berkelanjutan, bukti-bukti otentik, akurat, dan konsisten sebagai akuntabilitas publik. Proses ini mengidentifikasi pencapaian kompetensi atau hasil belajar yang dikemukakan melalui pernyataan yang jelas tentang standar yang harus dicapai disertai dengan peta kemajuan belajar siswa dan pelaporan.[7]
Asesmen berbasis kelas terdiri dari beberapa macam, yaitu:
a.       Asesmen portofolio (portfolio) - (pembahasan tersendiri)
b.      Asesmen  kinerja (performance) - (pembahasan tersendiri)
c.       Penilaian melalui tes tertulis - (sudah dijelaskan sebelumnya)
d.      Penilaian afektif siswa
Secara umum, ada dua hal yang perlu dinilai dalam kaitannya dengan ranah afektif, yakni (1) kompetensi afektif, dan (2) sikap dan minat siswa terhadap mata pelajaran dan pembelajaran. Kompetensi afektif yang dicapai dalam pembelajaran berkaitan dengan kemampuan siswa dalam:
·  memberikan respon atau reaksi terhadap nilai-nilai yang dihadapkan kepadanya;
·  menerima nilai, norma, serta objek yang mempunyai nilai etika dan estetika;
·  menilai (valuing) ditinjau dari segi baik buruk, adil tidak adil, indah tidak indah terhadap objek studi; dan
·  menerapkan atau mempraktikkan nilai, norma, etika, dan estetika dalam kehidupan sehari-hari.
Sikap siswa merupakan aspek yang sangat berpengaruh terhadap keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar. Sikap positif terhadap sesuatu menyebabkan perasaan mampu. Minat berkaitan dengan kecenderungan hati terhadap sesuatu yang akan mendorong tindakan positif untuk menekuni dan meningkatkan intensitas kegiatan pada objek tertentu.[8]
4.      Asesmen Kinerja
Asesmen Kinerja yaitu penilaian terhadap proses perolehan penerapan pengetahuan dan keterampilan melalui proses pembelajaran yang menunjukan kemampuan siswa dalam proses dan produk. Asesmen kinerja pada prinsipnya lebih ditekankan pada proses keterampilan dan kecakapan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
Asesmen ini digunakan untuk menggambarkan proses, kegiatan, atau unjuk kerja, proses, kegiatan, atau unjuk kerja dinilai melalui pengamatan terhadap siswa ketika melakukannya. Penilaian unjuk kerja adalah penilaian berdasarkan hasil pengamatan penilai terhadap aktivitas siswa sebagaimana yang terjadi. Misalnya penilaian terhadap kemampuan siswa merangkai alat praktikum untuk percobaan sederhana dilakukan selama siswa merangkai alat, bukan sebelum atau setelah alat dirancang.[9]
Asesmen kinerja bisa digunakan untuk menilai kemampuan siswa dalam penyajian lisan, pemecahan masalah dalam kelompok, partisipasi dalam diskusi, kemampuan siswa menari, kemampuan siswa menyanyi, memainkan alat musik, dan sebagainya.
Dalam melakukan asesmen kinerja dapat 2 metode yang dapat digunakan, yaitu:
a.       Asesmen kinerja yang berorientasi pada masa lalu (past oriented appraisal methods). Yaitu penilaian kinerja atas kinerja seseorang dari pekerjaan yang telah dilakukannya.
b.      Asesmen kinerja yang berorientasi ke masa depan (future oriented appraisal methods). Yaitu penilaian kinerja dengan menilai seberapa besar potensi seseorang untuk melakukan kinerja di masa yang akan datang.
Penilaian hasil kerja dapat menggunakan daftar cek dan skala. Skala merupakan alat untuk mengukur sikap, nilai, minat dan perhatian, dll, yang disusun dalam bentuk pertanyaan untuk menilai responden dan hasilnya dalam bentuk rentangan nilai dengan kreteria yang telah ditentukan.[10]
5.      Asesmen Portofolio
Portofolio berasal dari bahasa Inggris “portfolio” yang berarti dokumen aau surat-surat. Penilaian portofolio (portofolio assesment) merupakan salah satu bentuk “performance assesment”. Portofolio (portfolio) adalah kumpulan hasil tugas/tes atau hasil karya siswa yang dikaitkan dengan standar atau kriteria yang telah ditentukan. Dengan kata lain, model penilaian yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam membangun dan merefleksi suatu pekerjaan/tugas atau karya  melalui pengumpulan (collection) hasil karya siswa yang sistematis dalam satu periode.[11]
Prinsip dalam penilaian portofolio (portfolio assesment) adalah dokumen atau data hasil pekerjaan siswa, baik berupa pekerjaan rumah, tugas atau tes tertulis seluruhnya digunakan untuk membuat inferensi kemampuan dan perkembangan kemampuan siswa. Informasi ini juga digunakan untuk menyusun strategi dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran.[12]
Contoh Format Penilaian Portofolio:
v  Format penilaian Portofolio Proses
Sebagaimana isi dan kriteria penialain, maka format penilaian pun harus mengacu pada tujuan.format penilaian banyak modelnya. Salah satunya bisa menggunakan model  skala dengan tiga kriteria, seperti: baik, cukup, kurang.
Contoh:
Kompetensi Dasar:
Mengoperasikan komputer 
Berbasis Windows 2007
Nama: Angga Zalindra Nugraha
Tanggal: 20 November 2008
Indikator
PENILAIAN
Baik
Cukup
Kurang
1.      Melakukan pengetikan dengan Windows 2007
2.      Melakukan layout naskah dengan Word 2007
3.      Mencetak naskah yang telah dibuat
4.      Membuat table dan gambar
5.      Memasukkan gambar ke dalam file

Dicapai melalui:
Komentar guru:
-          Bantuan guru
-          Seluruh kelas
-          Perorangan
Komentar orang tua:


v  Format Penilaian Tugas Terstruktur
Nama               : ………………………………………
Kelas               : ………………………………………
Mata Pelajaran : ………………………………………
Jenis Tugas      : Makalah
No.
Aspek-aspek Penilaian
Skor
Bobot
Nilai x Bobot
01
02
03
04
05
06
07
08
Judul
Masalah
Metode Penulisan
Landasan Teori
Sistematika Penulisan
Pembahasan
Simpulan
Bahasa:
-          Tata Bahasa
-          Gaya Bahasa

1
1
1
2
1
2
1
1

Jumlah

10


Nilai Akhir: (Jumlah Nilai x Bobot) : Jumlah Bobot
Catatan: ………………………………………………………
                                                                        Bandung,
                                                                        Guru,

                                                                        ……………………

C.    Kesimpulan
Dari pemaparan materi yang kami sajikan di atas, dapat kami tarik kesimpulan bahwa dalam mengevaluasi hasil belajar peserta didik diperlukan metode atau teknik atau cara yang di dalamnya mencangkup instrumen penilaian. Teknik penilaian hasil belajar tersebut dapat kami sajikan dalam peta konsep sebagai berikut.
1.      Teknik Tes
a.       Tes Tertulis
1.)    Tes Bentuk Uraian
2.)    Tes Objektif
a.)    Benar-Salah (True False, or Yes-No)
b.)    Pilihan Ganda (Multiple Choice)
c.)    Menjodohkan (Matching)
d.)   Melengkapi (Completion)
b.      Tes Lisan
c.       Tes Perbuatan
2.      Teknik Non-Tes
a.       Observasi
b.      Wawancara
c.       Angket (Quetioner)
d.      Daftar Cek (Check List)
3.      Asesmen Berbasis Kelas
4.      Asesmen Kinerja
5.      Asesmen Portofolio








DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran; Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Fajar, Arnie. 2004. Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Thamrin. 2009. Penilaian Berbasis Kompetensi. Surakarta: FKIP UNS
Karyadi, Didit. 2011. Penilaian Berbasis Kelas. (http://didot4com. wordpress.com/2011/01/24/penilaian-berbasis-kelas/)
Alimudin. 2009. Penilaian Berbasis kelas. (http://penilaianhasilbelajar. blogspot.com/)

Nursobah, Ahmad. 2012. Model Penilaian Portofolio. (http://cobah-ajah.blogspot.com/2012/07/model-penilaian-portofolio_06.html)



METODE, TEKNIK, DAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR


[1] Didit Karyadi, 2011, Penilaian Berbasis Kelas, (http://didot4com.wordpress.com/2011/01/24/penilaian-berbasis-kelas/) diakses pada tanggal 13 Oktober 2013 pukul 07.30 WIB
[2] Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), hlm. 117-138
[3] Ibid, hlm. 146
[4] AG Thamrin, 2009, Penilaian Berbasis Kompetensi (http://mueraja.blog.com/2011/06/05/teknik-penilaian-dan-prosedur-pengembangan-tes/) diakses pada tanggal 13 Oktober 2013 pukul 07.05 WIB
[5] Arsad Bendungan, 2011, Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar (http://arsadbendungan.blogspot. -com/2011/12/teknik-penilaian-proses-dan-hasil.html) diakses pada 13 Oktober 2013 pukul 07.13 WIB
[6] Zainal Arifin, Op.Cit, hlm. 164
[7] Alimudin, 2009, Penilaian Berbasis kelas, (http://penilaianhasilbelajar.blogspot.com/) diakses pada tanggal 13 Oktober pukul 08.04 WIB
[8] http://nacilunyil.wordpress.com/2011/12/17/penilaian-berbasis-kelas/ diakses pada tanggal 12 Oktober 2013 pukul 16.39 WIB
[10] http://fuadmje.wordpress.com/2011/11/05/instrumen-evaluasi-hasil-belajar diakses pada tanggal 13 Oktober 2013 pukul 10.16 WIB
[11] Arnie Fajar, Portofolio Dalam Pelajaran IPS (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004), hlm. 47
[12] Ahmad Nursobah, 2012, Model Penilaian Portofolio,( http://cobah-ajah.blogspot.com/2012/07/model-penilaian-portofolio_06.html) diakses pada 14 Oktober 2013 pukul 15.21 WIB
ADSENSE HERE!

1 comment:

  1. haii numpang promo yahhh
    KENARI POKER,com lagi bagi-bagi bonus newmember
    20.000 dengan deposit minimal 15.000
    yukk buruan jangan sampai ketinggalan !! ^_^V

    DAN DI KENARI POKER JUGA ADA BONUS NEXT DEPOSIT LOH !!untuk member lama
    dengan minimal deposit hanya 100.000 untuk mendapatkan bonus 20%nya Nihh yukk buruaan jangan sampaii
    ketinggalannn !!

    ReplyDelete

Copyright © Blog Rujak : Kumpulan Makalah Online Lengkap. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design