Blog Rujak : Kumpulan Makalah Online Lengkap

Kumpulan Makalah, Artikel dan Tips Lengkap

contoh RPP bahasa Inggris kurikulum 2013

ADSENSE HERE!
contoh RPP bahasa Inggris kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SMP ...                                                                                 
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas/semester         : VII/1 (satu)
Materi Pokok           : Teks Lisan dan Tulis untuk Menanyakan dan Menyatakan                                          Sifat Orang, Binatang, dan Benda
Alokasi Waktu         : 4 pertemuan (8 JP)


KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
A.      Kompetensi Inti

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang 
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris dan manfaatnya
2.












3.


















4.
2.2












3.7


















4.8











































Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.
(Cetak tebal: Fokus untuk pembelajaran dalam 1 RRP ini)





Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.












Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.



























2.2.1    Menyelesaikan tugas             bahasa Inggris tepat             waktu

2.2.2    Menyelesaikan  tugas             yang menjadi bagiannya             dalam kerja kelompok

2.2.3    Datang tepat waktu pada             saat mengerjakan tugas             kelompok di luar jam             pelajaran

3.7.1    Menentukan tujuan             komunikatif teks    

3.7.2    Mengidentifikasi kata             sifat (adjective) yang             menggambarkan sifat             orang, binatang, dan             benda

3.7.3    Mengidentifikasi             ungkapan atau pola             kalimat dalam teks

3.7.4    Mengidentifikasi             struktur teks

3.7.5    Mengidentifikasi unsur             kebahasaan dalam teks

4.8.1    Menanyakan sifat dan             ciri fisik teman, hewan,             dan benda secara lisan             dengan akurat,             lancar dan berterima

4.8.2    Menyatakan sifat dan             ciri fisik teman, hewan,             dan benda secara lisan             dengan akurat,             lancar dan berterima

4.8.3    Menanyakan sifat dan             ciri fisik teman, hewan,             dan benda secara             tertulis dengan             akurat, runtut dan             berterima

4.8.4    Menyatakan sifat dan             ciri fisik teman, hewan,             dan benda secara             tertulis dengan akurat,             runtut dan berterima

4.8.5    Menebak teman, hewan,             dan benda             berdasarkan sifat dan             ciri fisik yang             dideskripsikan secara             lisan

4.8.6    Menebak teman, hewan,             dan benda berdasarkan             sifat dan ciri fisik yang             dideskripsikan secara             tertulis

4.8.7    Mendeskripsikan teman,             hewan, dan benda secara             lisan dengan akurat,             lancar dan berterima

4.8.8    Mendeskripsikan teman,             hewan, dan benda secara             tertulis dengan             akurat, runtut dan             berterima



C.      Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      menyebutkan ciri-ciri fisik orang pada gambar tersebut secara lisan secara akurat, lancar dan berterima berdasarkan beberapa gambar,
2.      menemukan arti kata (adjective) dan pola kalimat yang digunakan dengan benar berdasarkan pengamatan atas beberapa contoh dialog.
3.      menanyakan sifat dan ciri fisik teman sekelasnya dengan akurat, lancar/runtut dan berterima bila diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi karakteristik teman-teman sekelasnya,
4.      menyatakan sifat dan ciri fisik teman sekelasnya dengan akurat, lancar/runtut dan berterima bila diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi karakteristik teman-teman sekelasnya dengan bertanggung jawab
5.      mendeskripsikan teman sekelasnya secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima bila diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi karakteristik teman-teman sekelasnya dengan bertanggung jawab,
6.      mendeskripsikan teman sekelasnya secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima bila diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi karakteristik teman-teman sekelasnya,
7.      menebak teman yang dimaksud dengan tepat bila diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi beberapa sifat dan ciri fisik teman sekelasnya.

Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      menemukan 7 kata sifat yang tersembunyi dalam Word Search dengan tepat.
2.      mendeskripsikan sifat dan ciri fisik binatang tersebut dengan benar bila diberikan kesempatan untuk mengamati beberapa gambar binatang,
3.      menuliskan jenis binatang dan ciri fisiknya dalam sebuah tabel bila diberikan kesempatan untuk mengamati binatang-binatang yang ada di sekitar sekolah,
4.      mempresentasikan jenis hewan lain dengan ciri fisik yang berbeda dengan akurat, lancar dan berterima bila diberikan kesempatan untuk mempertanyakan tentang ungkapan, pola dan unsur kebahasaan yang relevan,
5.      peserta didik dapat menentukan tujuan komunikatif teks dengan tepat bila diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan menganalisis beberapa teks yang telah dipelajari

Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      mengungkapkan secara lisan 5 perbedaan dua buah gambar (benda, bangunan, tumbuhan) yang ditemukan,
2.      membuat poster sederhana tentang objek tersebut dengan akurat dan berterima bila diberikan kesempatan mengamati beberapa objek tertentu (benda, bangunan, tumbuhan) dilingkungan sekolah dengan tepat waktu,
3.      menceritakan objek pada poster-poster tersebut dengan akurat, lancar dan berterima bila diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi poster sederhana yang telah dibuat.





Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      memilih gambar yang dimaksud dengan tepat bila diperdengarkan deskripsi tentang orang, hewan, atau benda tertentu,
2.      dapat menggarisbawahi unsur-unsur kebahasaan penting dalam teks bila diberikan kesempatan untuk mempertanyakan, mengeksplorasi, dan mengasosiasi beberapa teks yang telah dipelajari,
3.      peserta didik dapat menyebutkan fungsi sosial teks bila diberikan kesempatan untuk mengasosiasi beberapa teks yang telah dipelajari secara berkelompok,
4.      menulis learning logs sederhana tentang apa-apa yang telah mereka kuasai bila diberikan kesempatan untuk mengamati, mempertanyakan dan mengasosiasi beberapa teks yang telah dipelajari dengan tepat waktu,
5.      menulis learning logs sederhana tentang rasa syukur mereka atas kesempatan yang diberikan dengan baik bila diberikan kesempatan untuk merefleksi kesempatan bisa mempelajari Bahasa Inggris.

D.      Materi Pembelajaran 

Pertemuan Pertama

Fungsi Sosial      :    Mendeskripsikan dan mengidentifikasikan orang

Struktur Teks     :   
·  Kata sifat (young, old, clever, easy, difficult, diligent, tired, tall, short, beautiful, kind, nice, cheerful)
·  Bentuk ungkapan pendek (It’s, They’re, I’m, dsb.)
·  Kalimat/Ungkapan (What is he like? What are they like? Are you tired? What do you think? How nice they are! She is very kind. He is very cheerful)

Unsur Kebahasaan:
·  Kata Tanya (what, how, who)
·  Kata ganti (this, that, those, these, he, she, it, they, dsb.)
·  Kata kerja dalam the simple present tense: have, has, be, dsb.
·  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.

Topik:
·  Orang-orang yang berada di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa

Pertemuan Kedua

Fungsi Sosial      :    Mendeskripsikan dan mengidentifikasikan hewan

Struktur Teks     :   
·  Kata sifat (big, small, tall, short, fast, playful, funny, clorful)
·  Bentuk pendek (It’s, They’re, dsb.)
·  Kalimat/Ungkapan (What is it like? What are they like? What do you think? How nice they are! It is very playful. It is very colorful)


Unsur Kebahasaan:
·  Kata Tanya (what, which, how)
·  Kata ganti (this, that, those, these, it, they, dsb.)
·  Nama-nama hewan
·  Kata kerja dalam the simple present tense: have, has, be, dsb.
·  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan

Topik:
·  Hewan-hewan yang berada di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa

Pertemuan Ketiga

Fungsi Sosial      :    Mendeskripsikan dan mengidentifikasikan benda

Struktur Teks     :   
·  Kata sifat (big, small, tall, short, fast, colorful, expensive, dsb.)
·  Bentuk pendek (It’s, They’re, dsb.)
·  Kalimat/Ungkapan (What is it like? What are they like? What do you think? How nice they are! It is very beautiful)

Unsur Kebahasaan:
·  Kata Tanya (what,which, how)
·  Kata ganti (this, that, those, these, it, they, dsb.)
·  Nama-nama benda
·  Kata kerja dalam the simple present tense: have, has, be, dsb.
·  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan

Topik:
·  Benda-benda yang berada di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa

Pertemuan Keempat

Fungsi Sosial      :    Mendeskripsikan dan mengidentifikasikan orang, hewan, atau benda
Struktur Teks     :   
·  Kata sifat (cheerful, cute, kind, pointed, bright, strong, playful, big, small, tall, short, fast, colorful, expensive, dsb.)
·  Bentuk pendek (I’m, He’s, She’s, You’re, We’re, It’s, They’re, dsb.)
·  Kalimat/Ungkapan (What is he/it like? What are they like? What do you think? How nice they are! It is very beautiful)


Unsur Kebahasaan:
·  Kata Tanya (what, which, how, who)
·  Kata ganti (this, that, those, these, it, they, he, she, we, you, I, dsb.)
·  Nama-nama orang, hewan, dan benda
·  Kata kerja dalam the simple present tense: have, has, be, dsb.
·  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan

Topik:
·  Orang, hewan, dan benda yang berada di sekitar dan relevan dengan kehidupan peserta didik

E.       Metode Pembelajaran

1.        Metode Ilmiah
2.        Pembelajaran Kontekstual

F.        Sumber Belajar

1.        Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings the bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Hal. 125.
2.        Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah

G.      Media Pembelajaran

        1.          Media: gambar orang, hewan, dan benda
        2.          Alat dan bahan: realia benda, hewan, hewan kesayangan

H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Pendahuluan  (10 menit )
1)      Guru memberi salam (greeting);
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa;
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4)      Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5)      Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai  silabus.

Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)      Peserta didik memperhatikan gambar besar tentang halaman belakang rumah dan mendengarkan cerita guru tentang isi gambar tersebut.
2)      Peserta didik membuat catatan-catatan kecil berdasarkan cerita guru.
3)      Peserta didik bergiliran menceritakan isi gambar tersebut berdasarkan contoh yang diberikan oleh guru.
4)      Peserta didik mengamati contoh dialog dan gambar.

Menanya
5)      Peserta didik menggarisbawahi kata sifat yang terdapat dalam dialog dengan pertanyaan pengarah dari guru.
6)      Peserta didik menggarisbawahi kata sifat yang terdapat dalam kalimat yang dituliskan guru di papan tulis.

Mengumpulkan data/informasi
7)      Peserta didik menemukan arti kata sifat tersebut dengan menempelkan kartu kata yang disediakan secara acak.
8)      Peserta didik menirukan cara pengucapan kata, dialog dan atau kalimat yang dipelajari.
9)      Peserta didik menirukan cara menanyakan sifat atau ciri fisik seseorang dan cara menjawabnya.
10)  Peserta didik melakukan tanya jawab dengan teman sekelasnya untuk melengkapi tabel tentang sifat dan ciri fisik seseorang.
11)  Peserta didik mendeskripsikan salah seorang teman sekelasnya secara lisan berdasarkan tabel yang telah dibuat.

Mengasosiasi
12)  Peserta didik bekerja berkelompok untuk menuliskan ungkapan-ungkapan yang dipergunakan dalam menanyakan dan menyatakan sifat atau ciri fisik teman sekelasnya.
13)  Peserta didik bekerja berkelompok untuk menggarisbawahi unsur kebahasaan penting yang terdapat dalam ungkapan-ungkapan tersebut.
14)  Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk menemukan fungsi sosial teks tersebut dengan bantuan guru.

Mengomunikasikan
15)  Peserta didik mempresentasikan pola ungkapan, unsur kebahasaan (kata sifat), ucapan, fungsi komunikasi dan struktur teks yang dihasilkan.

Mencipta
16)  Peserta didik menuliskan deskripsi sangat sederhana tentang sifat dan ciri fisik salah seorang temannya.
17)  Peserta didik bermain tebak-tebakan untuk menemukan nama teman sekelasnya berdasarkan sifat dan ciri fisik yang diberikan.

Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Peserta didik menerima tugas mandiri untuk menceritakan orang-orang di lingkungan rumahnya sebagai tindak lanjut kegiatan pembelajaran.
4)      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)      Peserta didik dan guru mengucapkkan salam penutup.

Pertemuan Kedua

Pendahuluan  (10 menit)
1)      Guru memberi salam (greeting);
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa;
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4)      Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5)      Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
a.                                                                               
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
1)      Peserta didik secara berpasangan mengamati Word Search untuk menemukan 7 kata sifat yang tersembunyi.
2)      Peserta didik menuliskan kata sifat yang ditemukan di papan tulis.

Menanya
3)      Peserta didik mejodohkan kata sifat tersebut dengan artinya berdasarkan kartu kata yang ditempelkan guru secara acak di papan tulis.
4)      Peserta didik mengamati gambar beberapa hewan secara berpasangan.
5)      Peserta didik menanyakan cara mendeskripsikan ciri fisik hewan tersebut berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru.


Mmengumpulkan data/informasi
6)      Peserta didik bekerja berkelompok untuk menuliskan binatang-binatang yang ada di sekitar sekolah dan menuliskan ciri fisiknya ke dalam sebuah tabel.
7)      Peserta didik memperhatikan gambar dan menjawab pertanyaan pengarah dari guru.
8)      Peserta didik menirukan cara menceritakan kondisi fisik (kulit) jenis hewan tertentu.

Mengasosiasi
9)      Peserta didik mengidentifikasi cara menceritakan kondisi fisik lain dari hewan-hewan tersebut.
10)  Peserta didik bekerja berpasangan untuk menemukan kata tentang sifat-sifat yang dimiliki oleh beberapa binatang yang terdapat dalam percakapan.
11)  Peserta didik menemukan fungsi sosial percakapan tentang ciri fisik dan sifat-sifat seseorang atau hewan yang telah dipelajari berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru.

Mengomunikasikan
12)  Peserta didik mempresentasikan pola ungkapan, unsur kebahasaan (kata sifat), ucapan, fungsi komunikasi dan struktur teks yang dihasilkan dalam kegiatan sebelumnya.

Mencipta
13)  Peserta didik melakukan percakapan tentang sifat-sifat yang dimiliki oleh beberapa hewan berdasarkan situasi yang diberikan oleh guru.

Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Peserta didik menerima tugas mandiri untuk menuliskan sifat dan ciri fisik hewan-hewan di sekitar rumah sebagai tindak lanjut kegiatan pembelajaran.
4)      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)      Peserta didik dan guru mengucapkan salam penutup.

Pertemuan Ketiga

Pendahuluan  (10 menit)
1)      Guru member salam (greeting);
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa;
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4)      Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5)      Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)      Guru menjelaskan tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.

Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
1)      Peserta didik bekerja berkelompok mengamati sebuah gambar yang memiliki 5 perbedaan.
2)      Peserta didik menemukan dan mengungkapkan 5 perbedaan dengan menyebut aspek apa (what) dan bagaimana (How) perbedaannya dengan panduan guru.

Menanya
3)      Peserta didik menanyakan pola-pola kalimat yang digunakan dalam mengungkapkan 5 perbedaan dalam gambar dengan pertanyaan pengarah dari guru.
4)      Peserta didik bekerja berpasangan untuk menggarisbawahi unsur kebahasaan penting yang terdapat dalam kalimat tersebut.
5)      Peserta didik menanyakan cara menggunakan pola kalimat, unsur kebahasaan lain dan struktur teks untuk mendeskripsikan benda.

Mengumpulkan data/informasi
6)      Peserta didik menginventarisasi kosa kata yang dipergunakan dalam menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda.
7)      Peserta didik mengidentifikasi pola kalimat yang dipergunakan dalam mengatakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda.
8)      Peserta didik menemukan struktur teks yang dipergunakan untuk menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda.

Mengasosiasi
9)      Peserta didik bekerja berkelompok untuk menyebutkan beberapa kata yang dapat dipergunakan untuk menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda.
10)  Peserta didik secara berkelompok menentukan beberapa kalimat dengan pola yang sesuai untuk menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri benda.
11)  Peserta didik bekerja dalam kelompok menentukan fungsi sosial teks yang dipergunakan untuk menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda.

Mengomunikasikan
12)  Perwakilan peserta didik mempresentasikan temuan mereka tentang beberapa kata yang dapat dipergunakan dalam menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri benda.
13)   Perwakilan peserta didik mempresentasikan contoh kalimat dengan pola yang sesuai untuk menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri benda.
14)  Perwakilan peserta didik mempresentasikan kesimpulan mereka tentang struktur dan fungsi sosial teks.

Mencipta
15)  Peserta didik secara berkelompok melakukan kegiatan neighborhood walk.
16)  Peserta didik membuat catatan deskriptif atas benda, bangunan, tumbuhan yang ada di sekitar hot spot yang ditemukan.
17)  Peserta didik secara berkelompok membuat poster sederhana tentang temuan-temuan benda, bangunan, dan tumbuhan di hot spot berdasarkan catatan selama kegiatan neighborhood walk.
18)  Perwakilan Peserta didik mempresentasikan dan mengomunikasikan isi poster tersebut di depan kelas.
19)  Peserta didik dari kelompok lain diberi kesempatan mengajukan pertanyaan, mengklarifikasi atau mengonfimasi presentasi dengan bantuan guru.
20)  Peserta didik menempelkan poster yang dihasilkan di dinding atau di papan display.
                                                                                                       
Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Peserta didik menerima tugas mandiri untuk menuliskan sifat dan ciri fisik benda, bangunan, dan tumbuhan lain yang ada di lingkungannya sebagai tindak lanjut kegiatan pembelajaran.
4)      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)      Guru dan siswa mengucapkan salam perpisahan.

Pertemuan Keempat

Pendahuluan  (10 menit)
1)      Guru member salam (greeting);
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa;
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4)      Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5)      Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)      Guru menjelaskan tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai  silabus.

Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
1)      Peserta didik secara berpasangan memperhatikan gambar orang, hewan, atau benda dan mendengarkan deskripsi tentang objek tersebut.
2)      Peserta didik memilih gambar yang tepat sesuai dengan deskripsi yang diperdengarkan.

Menanya
3)      Peserta didik bekerja berpasangan untuk menggarisbawahi unsur-unsur kebahasaan penting yang terdapat dalam teks yang diperdengarkan dengan bantuan pertanyaan pengarah dari guru.
4)      Peserta didik membandingkan ungkapan-ungkapan deskriptif yang diperdengarkan untuk mendeskripsikan gambar tersebut.

Mengumpulkan data/informasi
5)      Peserta didik mendengarkan kembali teks deskriptif tentang objek dan memberi centang kalimat-kalimat dalam tabel yang sesuai.
6)      Peserta didik bekerja berpasangan untuk mengidentifikasi fungsi sosial, ungkapan, struktur, unsur kebahasaan dan format penulisan teks dengan bantuan guru.

Mengasosiasi
7)      Peserta didik menuliskan beberapa kalimat yang dapat dipergunakan dalam menayakan dan menyatakan sifat dan ciri objek.
8)      Peserta didik menuliskan beberapa unsur kebahasaan penting dalam menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri objek.
9)      Peserta didik menuliskan funghsi sosial teks yang telah dipelajari.

Mengomunikasikan
10)  Peserta didik mempresentasikan beberapa kalimat yang dapat dipergunakan menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri objek.
11)  Peserta didik mempresentasikan beberapa unsur kebahasaan penting dalam menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri objek.
12)  Peserta didik mempresentasikan fungsi sosial teks.

Mencipta
13)  Peserta didik membaca, mempelajari, dan menganalisis teks yang telah dipelajari untuk mengisi learning logs pada kegiatan berikutnya.
14)  Peserta didik menulis learning logs sederhana tentang apa-apa yang telah mereka kuasai.
15)  Peserta didik diberi melakukan refleksi bisa diberi mempelajari Bahasa Inggris dengan pertanyaan pengarah dari guru, dan kemudian menulis learning logs sederhana tentang rasa syukur mereka atas kesempatan yang diberikan dengan baik.

Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Guru memberikan penugasan berupa tugas investigasi kelompok untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang sifat dan ciri fisik tokoh, hewan-hewan aneh, benda-benda unik, tempat-tempat indah, atau bangunan-bangunan terkenal berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)      Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

I.         Penilaian

1.        Sikap spiritual

a.        Teknik Penilaian          : Tertulis
b.        Bentuk Instrumen        : Learning Journal
c.         Kisi-kisi                         :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
Lampiran 1
2.



d.       Instrumen: lihat Lampiran ...

e.        Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
Indikator
Skor
1
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
5
2
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
4
3
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
3
4
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
2
5
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
1


f.          Pedoman Pensekoran:
5 = Menunjukkan sikap sangat bersyukur
4 = Menunjukkan sikap bersyukur
3 = Menunjukkan sikap cukup bersyukur
2 = Menunjukkan sikap kurang bersyukur
1 = Menunjukkan sikap tidak bersyukur

2.        Sikap sosial

a.        Teknik Penilaian   : Penilaian sejawat (antar teman)
b.        Bentuk Instrumen : Lembar Peer Assessment
c.         Kisi-kisi                  :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Memberikan penilaian terhadap teman tentang nilai disiplin dan tanggung jawab
Lampiran Penilaian Sikap
1-3

d.       Instrumen: lihat Lampiran ...

e.        Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Happy.jpgKeterangan:

                 = 2
always


Normal.jpg
 
                 = 1
often


Sad.jpg
 
                                      = 0,5
                     seldom


Happy.jpg
 
Contoh: Mencentang            untuk seluruh pernyataan.

Happy.jpgHappy.jpgHappy.jpg                                                     
                                                                        = 2 + 2 + 2 = Skor 6


                     Bila mencentang:







Happy.jpg


Happy.jpg
Normal.jpg

 
                                                                        = 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.

                    
                     Bila mencentang:







Happy.jpg


Normal.jpg



Sad.jpg

 
                                                                        = 2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5
f.          Pedoman Penskoran

Skor 6          diberi nilai 5, sangat disiplin dan bertanggung jawab
Skor 4,4 – 5 diberi nilai 4, disiplin dan bertanggung jawab
Skor 3,5 – 4 diberi nilai 3, cukup disiplin dan bertanggung jawab
Skor 2,5 – 3 diberi nilai 2, kurang disiplin dan bertanggung jawab
Skor 1,0 – 2 diberi nilai 1, tidak disiplin dan bertanggung jawab

3.        Pengetahuan

a.        Teknik Penilaian   : Tes Tertulis
b.        Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda
c.         Kisi-kisi                  :

No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Disajikan teks bergambar tentang sifat atau ciri fisik orang, hewan, dan atau benda, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 1 dan 2
  1.  
Disajikan sebuah kalimat dengan beberapa kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan kata sifatnya dengan tepat
Soal No. 3
  1.  
Disajikan pertanyaan yang mengandung sifat atau ciri fisik hewan tertentu, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat.
Soal No. 4
  1.  
Disajikan sebuah kalimat tidak lengkap dan gambar yang relevan, siswa dapat melengkapinya dengan kata sifat yang tepat.
Soal No. 5

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...
e.        Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)

4.        Keterampilan
a.        Teknik Penilaian         : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen       : Tes Keterampilan Menulis, Membaca dan                                                 berbicara
c.         Kisi-kisi:

No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen
Menulis

  1.  
Disajikan sebuah jawaban pesan singkat tentang menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda, siswa dapat menuliskan pesan singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No. 6
  1.  
Disajikan sebuah jawaban pesan singkat tentang menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda, siswa dapat menuliskan pesan singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No. 7
  1.  
Disajikan sebuah teks sederhana tentang menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan tepat.
Soal No. 8
  1.  
Diperdengarkan sebuah teks sederhana tentang menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan tepat.
Soal No. 9 dan 10
  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat menanyakan sifat atau ciri fisik temannya dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A.1
  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat
Menyatakan sifat atau ciri temannya dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A.2
  1.  
Siswa dapat mendeskripsikan temannya dan meminta teman lain untuk menebaknya dengan akurat, lancar dan berterima.
Soal No. A.3
  1.  
Siswa dapat mendeskripsikan benda kesayangannya secara lisan di depan kelas dengan akurat, lancar dan berterima.
Soal No. A.3
  1.  
Siswa dapat menuliskan deskripsi rumahnya dalam bentuk teks sangat sederhana secrata akurat, runtut dan berterima.
Soal No. B

d.       Instrumen: lihat Lampiran ...

e.        Rubrik Tes Keterampilan Menulis (Soal No. 6 dan 7)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
4
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1









f.          Cara penilaian:
X 100
 
Skor Perolehan 
Skor Maksimal                       

g.        Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 8 – 10.
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)

h.        Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara Lampiran 4 Part Three, bagian A.

ASPEK
KETERANGAN
SKOR




Pelafalan
·  Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·  Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·  Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·  Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·  Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·  Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·  Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·  Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·  Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·  Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·  Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·  Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·  Sangat lancar.
·  Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·  Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·  Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

i.          Cara penilaian:
X 100
 
Skor Perolehan 
Skor Maksimal                       

j.          Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis Lampiran 4 Part Three, bagian B.
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Keterpaduan kalimat
100% kalimat terpadu dan runtut
5
80%   kalimat terpadu dan runtut
4
60%   kalimat terpadu dan runtut
3
40%   kalimat terpadu dan runtut
2
20%   kalimat terpadu dan runtut
1
4
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
5
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1
6
Originalitas penulisan
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
5
80%   tulisan hasil pemikiran sendiri
4
60%   tulisan hasil pemikiran sendiri
3
40%   tulisan hasil pemikiran sendiri
2
20%   tulisan hasil pemikiran sendiri
1










       












                                                                                   


k.        Cara penilaian:
X 100
 
Skor Perolehan 
Skor Maksimal                       


...................., .............................. 20... 
Mengetahui                                                              
Kepala SMP                                                              Guru Mata Pelajaran


_______________________                                      _________________________
NIP. ...                                                                        NIP. ...


Lampiran 1: Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
thank,practice,God,study,hard,happy,speak,read,a lot,write,sad,bored,worried,afraid,-border-clipart-4.gif,10354238-trois-ecoliers-heureux.jpg 




























contoh RPP bahasa Inggris kurikulum 2013





Lampiran 2: Instrumen Penilaian Sikap Sosial


-border-clipart-4.gif,Normal.jpg,Happy.jpg,Sad.jpg,Happy.jpg,Sad.jpg,Normal.jpg,Happy.jpg,Sad.jpg,Normal.jpg
 

















































Lampiran 3: Instrumen Penilaian Pengetahuan

curly4.jpgPart One: Choose the best answer.










straight.jpg

Text Box: 1



wavy.jpg





10354238-trois-ecoliers-heureux.jpg
 















They are … their sisters.
A.    calling
B.     inviting
C.     showing
D.    describing



10354238-trois-ecoliers-heureux.jpg 









They are … animals.
A.    identifying
B.     grouping
C.     drawing
D.    seeing






Text Box: 3        Which word describes the monkey?
        A monkey is playful because it can play with the zookeeper.
                  1                  2                                  3                            4
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4

Text Box: 4        Which animal has soft and thick fur?










white-cartoon-cow.jpg



pig1.jpg



lamb.jpg

cartoon_ducks_st5.jpg

 






          A                                B                                 C                              D

speech110.jpgText Box: 5Look at the children. They are singing. They look….
A.    sad
B.     tired
C.     angry
D.    happy



Lampiran 4: Instrumen Penilaian Keterampilan

Part Two: Do the instructions.

Text Box: 6             

Ask what your friend’s pet is like.                                                                       
Hp.jpg 
















Reply your friend’s short message.






Hp.jpg


Text Box: 8
 



















Read the description and tick the appropriate picture.


Girrafe.jpg
 
It is tall. It has a long neck and long legs.
It eats leaves. It lives in Africa.






bear.jpg,cartoon-monkey_1.png,RhinoCartoon1.jpg


Text Box: 9
 









Listen to the description and tick the appropriate picture.
slim.jpg“She is beautiful. She has straight hair. She is slim and tall.” (Listening Script)
child4.jpg,child3.jpg,child2.jpg,slim.jpg 











Listen to the description and tick the appropriate picture.
“My house is big. It has two chimneys. It has many windows.” (Listening Script)

house4.jpg,house 3.jpg,house_cartoon.jpg,Cartoon-house-vector-material.jpg 












Part Three: Do the instructions.


A.      Say something in English on the following occasions.
1.      You want to know what your friend looks like.
2.      You want to tell what your friend is like.
3.      Describe one of your classmates and ask the class to guess it.
4.      Describe your favourite thing to the class.

B.       Write a very short and simple descrption about your house.

contoh RPP bahasa Inggris kurikulum 2013

-border-clipart-4.gif,house4.jpg
 

















ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Copyright © Blog Rujak : Kumpulan Makalah Online Lengkap. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design