Blog Rujak : Kumpulan Makalah Online Lengkap

Kumpulan Makalah, Artikel dan Tips Lengkap

Pengertian Salam

ADSENSE HERE!
A.           Pengertian Salam
Ucapan اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ berarti semoga keselamatan dan kasih sayang Allah serta kebaikan terlimpah kepada kamu sekalian.
Secara bahasa, salam berarti keselamatan, kedamaian, ketenteraman, dan keamanan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menjawab salam yang lengkap walaupun kepada teman yang memberikan salam tidak lengkap. Hal itu merupakan sebuah penghormatan bagi teman yang memberikan salam. Allah Swt. berfirman sebagai berikut.
086. Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.(Q.S. An Nisa :86)

Rasulullah saw. sangat mencintai ucapan salam. Setiap waktu dan kesempatan, beliau tak lepas dari ucapan salam. Saat mendatangi satu kaum beliau mengucapkan salam sampai tiga kali. Saat melewati sekumpulan wanita, anak-anak, saat bertamu atau memasuki rumahnya sendiri, beliau mengucapkan salam. Bahkan ketika di dalam majelis, beliau tak bosan membalas salam sahabat yang hadir satu per satu.
Rasulullah bersabda yang artinya “Apabila salah seorang di antara kalian bertemu dengan saudaranya, hendaklah ia mengucap salam kepadanya. Seandainya dia antara keduanya terpisah oleh pohon, dinding atau batu, kemudian bertemu kembali, hendaklah ia mengucapkan salam lagi”(HR Abu Dawud dan Abu Hurairah)
B.            Pentingnya Salam
Ucapan salam sering terdengar Siantar kalian. Ucapan tersebut sudah menjadi budaya, di antaranya sebagai salam pembuka, mengawali pidato dan memulai ceramah. Mengapa kalian wajib menyebarkan salam?
1.    Salam merupakan ucapan resmi para malaikat, para nabi atau rasul, dan penghuni surga. Allah swt. berfirman dalam surat das Dzaariyat sebagai berikut.
024. Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat-malaikat) yang dimuliakan?025. (Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: "Salaaman", Ibrahim menjawab: "Salaamun" (kamu) adalah orang-orang yang tidak dikenal. (Q.S. Adz Dzaariyat:24-25)
2.    Salam sebagai sarana pengikat persaudaraan. Rasulullah bersabda sebagai berikut.



Artinya "Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman. Dan tidak beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan sesuatu yang apabila dikerjakannya, kalian akan saling mencintai?sebarkan salam Siantar kalian".(H.R. Muslim)
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Copyright © Blog Rujak : Kumpulan Makalah Online Lengkap. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design